Ini adalah kebenaran yang diakui secara universal Permainan kartu bahwa kartu remi berasal dari Cina dan merupakan nenek moyang dari yang kita kenal sekarang. Tapi cerita standar, seperti yang dimuntahkan berkali-kali di internet, bisa jadi salah. Cerita bahwa kartu diciptakan beberapa waktu di Dinasti Tang (618-907) didasarkan pada sejumlah referensi sastra waktu untuk sejarah permainan yang disebut yezi ge, “permainan Daun”.

Sejarah Permainan Kartu Zi Pai

Semua orang, termasuk peneliti Tiongkok kuno, tampaknya menerima begitu saja bahwa Permainan Daun adalah atau dulunya adalah permainan kartu mungkin dengan asumsi bahwa “daun” adalah sinonim yang indah untuk kartu. Salah satu referensi yang sering diulang adalah entri dalam sejarah abad ke-14 dari dinasti Liao, yang mencatat bahwa pada tahun 969 kaisar Muzong pergi minum-minum selama 25 hari dan pada Malam Tahun Baru (26 Februari) “ia memainkan permainan daun dengan menterinya”.

Lain adalah dari Ouyang Xiu (1007-72), yang menulis: Permainan yezi ge (Aturan daun) hadir setelah pertengahan periode Tang yaitu. post 750-800. Itu populer selama perjamuan pejabat-cendekiawan periode Tang. Hal ini masih terjadi pada periode Lima Dinasti (907-60) dan tahun-tahun awal dinasti (960 dan seterusnya), dan kemudian secara bertahap dikesampingkan dan tidak diturunkan. Beberapa orang mungkin memiliki aturan untuk game ini sekarang [1067], tetapi tidak ada yang tahu cara memainkannya.

Referensi ini dan referensi lainnya mengarah pada kesimpulan bahwa kartu remi pertama kali muncul di Cina pada abad ke-9. Tapi hanya, yaitu, jika yezi ge, Permainan Daun, sebenarnya berarti permainan kartu. Bahwa hal itu tidak boleh dilakukan oleh Dr Andrew Lo dalam “Permainan daun: penyelidikan tentang asal usul kartu remi Cina” (Bulletin of the School of Oriental and African Studies, Vol. 63, No. 3). Lo mengutip sejumlah peneliti abad ke-12 hingga ke-14 yang menyatakan bahwa yezi berarti kartu remi, dan bahkan memberikan judul empat buku pedoman yang dilaporkan menguraikan aturan main.

Sayangnya, seperti yang dia tunjukkan, sebagian besar kompiler mereka tidak teridentifikasi, dan manualnya sendiri tidak ada lagi. Ouyang sendiri menjelaskan yezi sebagai aturan dadu yang tertulis di halaman (“daun”) sebuah buku, tetapi tidak memberikan informasi lebih lanjut. Sementara menerima bahwa yezi, “Daun”, berarti kartu remi, Lo menyatakan bahwa hal itu hanya terjadi pada abad ke-15, dan bahwa mereka yang mendorong makna ini kembali sebelumnya “tampaknya terutama memproyeksikan Ming Qing kembali.

Ke dalam periode Tang dan Song Utara” seperti, misalnya, istilah chuan qi mengacu pada cerita pendek klasik pada periode Tang tetapi terutama¬†judi slot terbaru untuk drama di Ming. Zhu Nanxian, seorang sejarawan modern catur Tiongkok, dengan tegas menolak identifikasinya sebagai sejarah permainan kartu: “Yezi adalah permainan yang hanya menggunakan dadu, pada dasarnya enam.

Dua atau lebih bisa bermain, dan memiliki rumit Oleh karena itu, daun yang disebutkan dalam kata pengantar Hong Zun sebenarnya adalah permainan pemilihan dengan dadu. Dia hanya menggunakan nama lama untuk merujuk pada permainan baru. Zhu Nanxian, Zhongguo xianqishi conqiao (Beijing: Zhonghua shuju, 1987), 41.